Sunday 14 September 2014

Filled Under:

Perbedaan SNMPTN vs SBMPTN

JANGAN LUPA KLIK TOMBOL SHARE YAH



Buat kalian siswa SMA, wajib hukumnya ngerti dan paham tentang 2 istilah penting ini terutama yang sudah duduk di singgasana kelas 12, apalagi yang nantinya berniat untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Kalau SNMPTN dan SBMPTN aja gabisa bedain, gimana bisa atur strategi ke depannya?

Nah, kalau belum ada gambaran jelas buat masuk PTN gimana? Ya paling engga kan ga kudet kudet amat broh ketika nanti banyak orang di lingkungan sekitar atau di media sosial bicara masalah SNMPTN dan SBMPTN

Buat angkatan 2015 yang sudah tau bedanya SNMPTN dan SBMPTN dari awal kelas 12 selamat!! Artinya kalian mengikuti perkembangan sebelumnya / ga kudet, karena istilah ini sudah muncul sejak tahun 2013. Nah, buat yang belum ngerti  mari dijabarkan perbedaan SNMPTN dan SBMPTN



SNMPTN
Merupakan kepanjangan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.  Seleksi yang bagaimana? Jadi di dalam SNMPTN, mekanisme seleksi calon mahasiswa PTN berdasarkan dari nilai rapor, nilai UN, prestasi  siswa selama SMA. Sesimpel itukah? Tidak juga,variabel penilaian SNMPTN sendiri juga kurang diketahui khalayak umum ( seperti indeks sekolah, prestasi alumni,dan lainnya bisa dibaca di >> sini ) Tapi inti dari semua penilaian SNMPTN adalah, seleksi ini menggunakan komponen apa yang sudah kita raih selama duduk di bangku SMA, tanpa test. Dulu sebelum tahun 2013 jalur ini dikenal sebagai SNMPTN Undangan.

Nah buat kalian yang masih fresh alias baru baru duduk di bangku SMA, persiapkan sejak dini, pertahankan prestasi dan buat rekam jejak prestasi yang terbaik agar saat mengikuti SNMPTN, kesempatan kalian untuk lolos memiliki presentase yang cukup besar.  Gunakan kesempatan emas ini dengan sebaik mungkin. Kenapa SNMPTN disebut kesempatan emas ? karena seleksinya tanpa test lagi, hanya menggunakan rekam jejak prestasi selama SMA, pendaftarannya gratis dan tentunya penginputan nilai dibantu guru serta kuota bangku kuliah yang di sediakan SNMPTN lebih banyak.

Yap, SNMPTN menyediakan kuota 50% dari kapasitas bangku kuliah yang disediakan. Jadi 50% calon mahasiswa diambil melalui seleksi SNMPTN ini. Ingat, angka 50% ini bukan setengah dari yang mendaftar, namun “setengah dari kursi yang disediakan PTN”. Jadi berapa kursi yang disediakan PTN? Umumnya perjurusan kurang lebih 50-200 kursi. Nah, 50% dari kursi yang disediakan akan diberikan pada mereka yang lolos jalur SNMPTN, sisanya akan diberikan pada mereka yang lolos di jalur lain seperti SBMPTN atau UM.
Jika ingin mendalami pengetahuan tentang SNMPTN untuk persiapan dan strategi di masa depan, bisa lihat di beberapa artikel berikut >> disini



SBMPTN
Singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Walaupun hanya memiliki perbedaan 1 huruf dari SNMPTN, tetapi memiliki perbedaan yang jauh dibanding dengan SNMPTN. SBMPTN ini sendiri merupakan seleksi masuk PTN yang umum, yakni menggunakan nilai ujian tertulis yang diselenggarakan serentak oleh semua PTN. Jadi variabel nilai semasa SMA tidak diperhitungkan, yang diperhitungkan adalah nilai dari hasil ujian tulis masuk PTN yang kalian bisa raih.

SBMPTN sendiri dianggap lebih fair oleh sebagian banyak siswa karena kompetisi masuk berdasarkan kemampuan yang dimiliki di hari itu yang dapat dipersiapkan sebelumnya. Sebenarnya sama fair-nya dengan SNMPTN, namun di dalam SNMPTN, sulit untuk mendapatkan prediksi mengenai lawan dan target yang harus dicapai untuk mengalahkan lawan.

Sedangkan di SBMPTN, kalian bisa mempersiapkan jauh hari untuk mengikuti testnya, kalian bisa memprediksi target untuk mengalahkan lawan melalui jumlah soal yang harus di jawab dengan benar. Dan dalam SBMPTN penilainnya jelas, yakni berdasarkan point yang didapat setelah mengerjakan soal.

Oh iya, perlu diketahui, SBMPTN memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi daripada UN. Bisa digambarkan bahwa UN adalah Pulau Jawa, SBMPTN adalah negara Indonesia. Jadi materi UN merupakan bagian kecil dari SBMPTN. Di SBMPTN juga dikenal sistem pengumpulan point, dari jawaban benar mendapat 4 point, jawaban salah dikurang 1 point dan kosong tidak mendapatkan point. 

Buat yang udah pesimis sama kemungkinan nilai SNMPTN atau buat kalian yang pantang menyerah   ( mencari alternatif selain  SNMPTN ), ada baiknya belajar sejak kelas 12, bahkan bisa lebih dini karena materi SBMPTN lebih susah dibanding UN. Apalagi jika masih semester 5, masih banyak waktu, sebelum waktumu banyak digunakan dan disibukan dengan kegiatan persiapan Uijan Nasional. Percayalah, dari 5 tahun terakhir, siswa belajar SBMPTN jauh lebih hari hasilnya lebih baik ketimbang mereka yang belajar spontan H-1 bulan SBMPTN.

Sekali lagi semua tergantung nasib. Tapi perlu kalian ingat bahwa nasib tidak semata terbentuk karena kehendak Tuhan, tapi nasib itu juga terbentuk karena usaha kalian, ya usaha dan doa , setelah itu Tuhan yang akan memutuskan yang terbaik. Semangat untuk kelas 12, jangan bersantai-santai untuk masa depan.

Ini dia tabel garis besar berbedaan SNMPTN vs SBMPTN
 (tahun 2016)
 (tahun 2015)



Jika ingin mendalami pengetahuan tentang SNMPTN untuk persiapan dan strategi di masa depan, bisa lihat di beberapa artikel berikut >> disini 

Unknown

Author & Editor

Admin @infomasukptn sejak tahun 2012 yang memberikan informasi di berbagai sosial media. Untuk informasi real time bisa ikuti info di twitter @infomasukptn atau LINE : @nje7046e (pakai @) .

105 komentar:

  1. apakah bisa mengikuti kedua jalur tersebut sekaligus? misalnya saya mau masuk ITB lewat jalur SNMPTN namun tidak berhasil lolos dan mencoba lewat jalur SBMPTN.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu bisa ka.. Makasih :)

      Delete
    2. Tentu bisa ka.. Makasih :)

      Delete
    3. bocah goblog
      ya tentu bisa lah, pertanyaannya aja gak berbobot gimana bisa lolos

      Delete
    4. hadeeh mr maulana, bijak sedikit dong...elan patria bertanya itu sudah bagus daripada dia tidak tahu sama sekali...buat elan, sikap kamu sudah benar, kalau tidak tahu bertanya atau mencari informasi dari berbagai sumber...

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
    6. Woi mr maulana. Nama doang lu bagus. Otak lo dangkal wkwkw.

      Delete
    7. Hahaha , lah yg nnyk itu emg sekolah nya kurang informasi ya , kasian juga ya

      Delete
    8. Hahaha , lah yg nnyk itu emg sekolah nya kurang informasi ya , kasian juga ya

      Delete
    9. Indonesia kekurangan orang" pintar... tapi kelebihan orang yang sok pintar,contoh nya yg d atas orang bertanya malah d bully,merasa paling pintar ya ?

      Delete
    10. gan, punya fb gak, kalo punya nama fb nya apa?

      Delete
    11. mau tanya2 tentang kuliah gan

      Delete
    12. Sombong amat si maulana, macem loe paling hebat aja😏😤

      Delete
    13. Pasti kak Patria skrg dah kuliah wkwk. Kuliah dimana kak?😃

      Delete
    14. Orang nanya doang dibilang goblok hadeh micin, Ini bagus lah karena dia bertanya sebelum kelas 12,jadi dia berpikir matang utk masuk ptn, gk kek lu maulana baru nanyan ptn di ujung kelas 12

      Delete
  2. terimaksh infonya...semoga aya msuk amin..upi i am comiing or brawijaya

    ReplyDelete
  3. Kalo mau daftar begituan dimana ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekolah yang udah terdaftar yang ngumimun ke siswanya mba, nanti ditanya siapa aja yang mau ikutan :v

      Delete
    2. bagaimana untuk sekolah yang belum terdaftar ?

      Delete
  4. Untuk jadwal seleksinya di bulan apa saja ya

    Makasih

    ReplyDelete
  5. bidik misi itu gimana ya?? masih bingung saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bidik misi itu beasiswa penuh untuk mahasiswa berprestasi yang kurang mampu secara ekonomi, jalur masukya banyak (salahsatunya SNMPTN ini)

      Delete
  6. kalau bidik misi itu lewat jalur beasiswa kurang mampu ka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap you right. bidikmisi itu mang ditujukan tuk yang kurang mampu, seperti biaya pendidikan, beda dengan beasiswa yang memberi bantuan dan karena kehebatan si murid/ hebat dalam prestasi akademik.

      Delete
  7. saya siswa SMA kelulusan 2012/2013, apakah saya masih bisa mengikuti SNMPTN atau SBMPTN?? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kak, cuman kaka ikut SBMPTN aja maksimal 3 tahun dari kelulusan kaka

      Delete
  8. saya siswa SMA kelulusan 2012/2013, apakah saya masih bisa mengikuti SNMPTN atau SBMPTN?? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. SNPTN harus setelah lulus, lewat setahun ngk bisa udah.

      SBMPTN maksimal lulus 3 tahun dari SMA/SMK lebih dari itu ngk bisa ikut jalur SBMPTN

      Delete
    2. Jadi kalau misalnya ada seorang siswa yang tamat SMA baru 5 tahun masuk mendaftar kuliah, bagaimana itu? Dia pakai jalur apa? Karena SNM kan 1 tahun sedangkan SBM 1 tahun.

      Delete
  9. jika mendaftar di beberapa universitas atau institut lebih dari satu dan mengikuti snmptn skligus sbmptn bisa ga ka.,?:)

    ReplyDelete
  10. Assalamualaikum ..
    Maaf sebelumnya, kak saya di SMK ngambil jurusan Arsitektur, terus mau ngelanjutin kuliah mau ngambil jurusan Arsitektur juga.
    Berlaku g ka Nilai rapot, prestasi saya selama di SMK kalo ikutan SNMPTN ??
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  11. kak kalo ikut SBMPTN berapa perguruan tinggi pilihannya? terus berapa jurusan juga?

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum,
    kak saya tamatan smk tahun 2015 gak lulus SNMPTN,jadi masih bisa ngak ikut SNMPTN tahun 2016 ini?
    terimakasih

    ReplyDelete
  13. Kak admin,apa seleksi snmptn 2016 itu di kenakan biaya???
    Adik saya lagi ngurus untuk pendaftaran snmptn 2016,katanya harus bayar biaya sekian untuk sekolahnya agar bisa di daftarkan.

    Mohon jawabannya kak admin.
    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pendaftaran snmptn 2016 tidak dipungut biaya sama sekali. Biaya ditangung oleh pemerintah

      Delete
  14. Kak, kalo sudah lulus SNMPTN, apa sudah langsung bisa keterima ke Universitas yang kita tuju? Saya masuk kuliah tahun 2016 ini, dan barusan saya cek hasil pengumuman kelulusan SNMPTN, saya lulus kak. Terima Kasih, maaf banyak tanya kak ^^

    ReplyDelete
  15. Makasi kak..
    Udah mendingan jadi gak galau lagi liat postingan ini..

    ReplyDelete
  16. apa hasil pengumuman snmptn sudah ada ?
    kalu mau ngecek hasilnya dimana ?

    ReplyDelete
  17. Ayo persiapkan diri kamu sedini mungkin agar mudah diterima di PTN
    rental alat interpreter

    ReplyDelete
  18. klo di sekolahan saya gk ada snmptn dan sbmptn dimana saya harus daftar

    ReplyDelete
  19. misalnya saya sudah lulus 2 tahun lalu,kalau mau daftar pake SNMPTN bisa nggak?

    ReplyDelete
  20. kalau sudah daftar SBMPTN,trus di situ di tulis pembayaran terkahir tgl 28 april,nah kalau ga bayar bisa gugur ya? trus nanti bisa daftar lagi ngga?

    ReplyDelete
  21. Makaaoh banyak infonya
    .. Berguna skli buat masa depan

    ReplyDelete
  22. Woi mr maulana tolol kali kao. Sopan dikit la kao, pendidikan lo abal HH

    ReplyDelete
  23. Woi mr maulana tolol kali kao. Sopan dikit la kao, pendidikan lo abal HH

    ReplyDelete
  24. kak kalau saya lulus SNMPTN lalu saya daftar SBMPTN itu tandanya saya menolak SNMPTNnya kak?

    ReplyDelete
  25. kak kalau saya lulus SNMPTN lalu saya daftar SBMPTN itu tandanya saya menolak SNMPTNnya kak?

    ReplyDelete
  26. ada lagi satu, namanya jalur belakang. Siapin duit 200-300juta agak bisa lolos masuk PTN...

    ReplyDelete
  27. Soalnya SBMPTN itu jauh lebih sulit daripada UN. Kemudian, soal tentang apakah yang diujikan? Dan mapel apakah yang dominan disajikan?

    ReplyDelete
  28. Terimakasih, saya yg masih bersekolah jadi semangat belajar. Terimakasih infonya!

    ReplyDelete
  29. ya kuliah tergantung sama mahasiswanya, mu negeri, swasta, sama aja, Kalau kitanya jago, ya jago aja

    ReplyDelete
  30. kunjungi blog kita ya kak biar menambah pengetahuan tentang perkuliahan di http://semutapi522.blogspot.com/
    Terima kasih kak ^^

    ReplyDelete
  31. terimakasih infonya admin, semoga admin sukses dan sehat selalu amiin.

    ReplyDelete
  32. Kalo yang SMK tes tertulisnya gimana tuh ? apakah sama dengan SMA ? atau berbeda mohon mencerahannya terimakasih

    ReplyDelete
  33. terimakasih admin artikelnya sangat membantu :)

    ReplyDelete
  34. Kalo yang SMK tes tertulisnya gimana tuh ? apakah sama dengan SMA ? atau berbeda mohon mencerahannya terimakasih. 2 -ahmadfauzan

    ReplyDelete
  35. Kalo yang SMK tes tertulisnya gimana tuh ? apakah sama dengan SMA ? atau berbeda mohon mencerahannya terimakasih. 2 -ahmadfauzan

    ReplyDelete
  36. Kak Saya Baru masuk SMK masih kelas 1 Udh kepikiran Untuk Masuk ke UM Strategi yang cocok apa kasih saran nya ?
    -Kalo pendapat Saya Pilih Snbptn kalo sbnptn harus mempelajari yang di pelajari anak SMA
    Dan Jurusan aku itu TKJ+Multimedia 1 jurusan apa kuliah nya TI/Komonikasi Ada pendapat jurusan lain?

    ReplyDelete
  37. untuk ujian SNMPTN itu gimana cara mendaftarnya kak?? seleksinya online apa gimana?? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  38. Permisi mau nanya..
    Kalau SNMPTN itu, harus sekolah yang kirim nilai atau boleh individu ya?
    Tolong dijawab.. terima kasih

    ReplyDelete
  39. Berarti lebih bagus snmptn daripada sbmptn

    ReplyDelete
  40. Apa bisa, misal kita baru lulus trus kerja dulu 1 tahun-an lalu setelah itu ikut snmptn / sbmptn ?

    ReplyDelete
  41. wah saya malah baru tau skrg perbedaannya. kunjungi balik web saya ya gan, biar saling silaturahmi www.bosarman.com Thanks.

    ReplyDelete
  42. +++mr maulana. Apakah Anda sudah merasa pintar sehingga Anda sewenang-wenangnya mengatakan bahwa orang lain bodoh. Ingatlah, tak ada manusia yg hidup di dunia dalam keadaan pintar. Maka dari itu manusia di tuntut untuk mencari ilmu mulai dari buaian hingga ke liang lahat.

    ReplyDelete
  43. Maksud dari jejak alumni di kriteria di atas apa yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jejak Alumni itu, misalnya kakak kelas kamu pernah medaftar di PTN A, dia lulus karna memang berbakat,jadi maksudnya jejak alumni itu contoh dari kakak kelas kamu alias alumni sekolah kamu yang mendaftar di PTN A tersebut.

      Delete
  44. Ass.. Kak saya mau tanya, sekarang saya sekolah SMK jurusan kimia industri, apakah bisa saya masuk fakultas kedokteran, berapa banyakkah peluang saya untuk memasuki PTN?
    #terimakasih

    ReplyDelete
  45. Kak SNMPTN itu jalur undangan atau bukan kak?

    ReplyDelete
  46. Perimisi kak/min, Numpang tnya klo yg lulusan dr Paket C setara SMA apakah bisa mengikuti SBMPTN? Mohon pencerahaan nya.. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  47. Kalau lulusan SMK itu biasanya mempengaruhi dalam konteks pemilihan Kelulusan SMBPTN nya ngga?

    ReplyDelete
  48. Dimana ada kemauan, disitu ada jalan.
    Selamat berusaha!

    ReplyDelete
  49. Dimana ada kemauan, disitu ada jalan.
    Selamat berusaha!

    ReplyDelete
  50. Makasih infonya kak, sangat membantu:)

    ReplyDelete
  51. Kak, kalo misal tahun ini ikut sbmptn terus gagal, apa bisa ngikuti tes lagi tahun depan??

    ReplyDelete
  52. selamat malam, saya mau nanya, untuk ikut tes tertulis SBMPTN perlu datang langsung ke universitasnya atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ka..,materi yang diujikan diSBMPTN apa saja? Supaya bisa belajar dari sekarang

      Delete
  53. permisi, mau tanya, jika saya dpt PTN di univ IPB lwt jalur SNMPTN, lalu apakah saya bisa ikut SBMPTN nantinya? makasih

    ReplyDelete
  54. Kak saya mau nanya, bisa ngk kita daftar kebeberapa PTN lewat jalur SNMPTN atau SBMPTN ? Soalnya saya kepikiran buat daftar dibeberapa PTN dalam waktu yg bersamaan

    ReplyDelete
  55. kak saya mau nanya bisa gak kita daftar

    snmptn di universitas A sbmptn di universitas B bisa gak seperti itu

    ReplyDelete
  56. kak saya mau nanya bisa gak kita daftar

    snmptn di universitas A sbmptn di universitas B bisa gak seperti itu

    ReplyDelete
  57. izin copy nggih kak. boleh?

    ReplyDelete
  58. Kak mau tanya,kalau lulusan smk jurusan Teknik sepede motor(Tsm),bisa gak sih masuk fakultas teknik mesin??,,tolong pencerahan nya?

    ReplyDelete
  59. Min mau tanya nih Kalau buat lulusan smk jurusan administrasi
    Soal untuk sbmptn itu apa aja ya
    Minta pencerahannya dong
    Makasih

    ReplyDelete
  60. Informasinya sangat membantu..

    terima kasih banyak ~(>_<)~

    ReplyDelete
  61. Makasih bgt min jadi lebih semangat belajar lagi karna ini

    ReplyDelete
  62. Kak mau nanya.. aku smk dan sedang melaksanakan pkl. jadi tidak tahu banyak tentang informasi SNMPTN/SBMPTN disekolah.. JGN DI BULLY WOY :'v
    .
    .
    kak, kalo buat jalur SBMPTN kan berbayar.. kira2 umumnya bayar brp kak?

    ReplyDelete
  63. I Like Your Artcile. This Article is Amazing and Easy Tp Understand
    Abu Dhabi carpet
    Carpets
    Carpet Tiles

    ReplyDelete
  64. Aweome Post. Thanks to share the Valuable Information. Now If You want to know about Who is Viewing your Instagram account then visit here to know about Instastalker.

    ReplyDelete

 

Kerjasama dan media partner:

  • Copyright © InfoMasukPTN™ is a registered trademark.
    Designed by Infomasukptn. .